Kamis, 21 April 2011

CIPTAKAN KEBERUNTUNGANMU

Kuliah Salah Jurusan

Saya sangat yakin bagi orang yang pernah kuliah sering mendengar baik dari sahabat, kawan, mengenai keluhan bahwa dia menyesal telah kuliah di jurusan yang ambil sekarang, ucapan ucapan seperti "pilihanku salah; seharusnya aku kuliah disana; ini bukan minatku" sering terdengar ditelinga, tak asing lagi malah. Kondisi salah jurusan seolah-olah akan membawa kehancuran pada masa depannya. Banyak juga yang kemudian menyadari bahwa ini bukan minatnya, sehingga segera diambil keputusan mengulang kembali ditahun berikutnya dengan jurusan yang sesuai karakternya. Bila mau hitung-hitungan waktu, pasti akan ada waktu yang terbuang, bukan berarti sia-sia pasti ada manfaat laint dari pengalaman yang dialami minimal keberanian untuk mengambil sebuah keputusan. karena keputusan kecil yang kita ambil sedikit banyak akan mempengaruhi kehidupan terutama menyangkut masa depan. Bagi saya orang seperti ini luar biasa, berani mengambil keputusan, dengan kata lain berani memperjuangkan masa depannya.  Saya sepakat masa depan yang diimpikan harus diperjuangkan meskipun risiko kehilangan waktu berharganya, saking berharganya sampai-sampai orang bilang waktu adalah uang.
Bisa dilihat juga dalam kondisi salah jurusan, tidak sedikit yang bertahan ketika telah menyadari bahwa yang dijalani bukan sesatu yang diminati, parahnya bagi mereka yang tidak berminat hal ini sering dianggap sebagi sesuatu yang membosankan, tak sedikit yang menyerah dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan, berhenti bertanding sebelum sampai garis finis. Kepercayaan yang orang tua berikan ketika awal masuk dilupakan dan dekalahkan egonya, dikalahkan ketidaknyamanannya. bermalas-malasan dengan dalih ini bukan minatku, dan mewajarkan hasil yang buruk lagi lagi karena itu bukan minatku. semoga jarang mahasiswa tipe seperti ini. 
saya salut dengan orang-orang yang menjalankan kuliah walapun jurusan yang tidak diminati dan justru bisa berprestasi, orang-orang seperti ini yang menurutku orang hebat bisa bertahan di tengah ketidaknyamanan.. Berprestasi sesuai minat juga bagus, akan tetap wajar karena memang minatnya. mari kita pandang persoalan satu ini secara positif, dengan melihat dari sudut pandang lain supaya kita(orang-orang yang menganggap dirinya slah jurusan) bisa berprestasi. Bagi ku esensi dari kuliah selain ilmu adalah sebuh tantangan, dimana ketika satu tantangan ini selesai maka satu tantangan terlewati, dengan melewati itu maka kita akan semakin terlatih untuk menghadapi tantangan-tantangan yang berikutnya. semakin tidak sesuai dengan yang diminati semakin berat tantanganya, dan seirimg dengan itu bila berhasil melewati maka semakin besar pula kemampuan individu beradaptasi dengan tantangan yang ada.

Salam Beruntung..
Y.P. Nugraha
 
http://menciptakankeberuntungan.blogspot.com/2011/04/kuliah-salah-jurusan.html#comment-form

Tidak ada komentar: